Tips Pembuatan dan Pengelolaan Warnet

Warnet (Warung Internet)/Internet Cafe kini semakin akrab ditelinga kita dan bukan tergolong barang langka lagi, bahkan hampir disetiap pojok dapat kita temui yang namanya warnet ini, jadi inget pas jamannya wartel menjamur dulu bisnis wartel saat itu sangat menyenangkan, namun kini disaat Ponsel merajalela wartel harus menyingkir perlahan-lahan. Begitulah suasananya saat ini, banyak orang yang berminat bisnis di bidang warnet ini, tak heran persaingan pun kian sengit, dan perlu teknik dan pengalaman yang memadai untuk tetap bertahan di bidang ini, saat ini merebut hati pelanggan bukan hanya dari banting-bantingan harga namun juga dengan meningkatkan kualitas pelayanan itu sendiri

Berikut beberapa hal yang menurut pengamatan saya perlu diperhatikan dalam per-warnet-an:

Tips Warnet pada umumnya :

Lokasi
Pemilihan lokasi sangat penting sekali sebelum memulai usaha warnet, sebaiknya pilih lokasi yang lingkungannya orang-orang sudah melek internet.
Lokasi sekitar kampus dan sekolahan, perumahan-perumahan kelas menengah biasanya menjadi incaran para pemain warnet. Jadi jikapun sudah ada warnet di sekitar tempat-tempat tersebut jangan takut untuk bersaing, tentu saja dengan cara yang sportif, dan ingat lakukan pendekatan yang bersahabat dengan pemain lama

Koneksi
Koneksi dan bandwith merupakan aset yang sangat berharga dalam bisnis ini, juga merupakan salah satu alasan konsumen memilih warnet, koneksi dengan bandwith tinggi tentu saja tidak murah, namun jika dalam suatu lingkungan terdapat cukup banyak warnet sebaiknya bekerja sama dan gotong royong dalam hal ini. Dengan gotong royong kita dapat membeli bandwith yang tinggi dan dibagi antara warnet-warnet tadi, perhitungannya dengan ongkos yang sama kita mendapat bandwith beberapa kali lipat dibanding jika setiap warnet jalan sendiri-sendiri.
Tidak cukup hanya itu, karena bandwith adalah aset maka harus di manaje seoptimal mungkin, sebaiknya dibuat sistim bandwith manajemen dan traffic shaping untuk membagi koneksi.
Bayangkan kalau bandwith tidak di manaje, jika ada satu konsumen mendownload file yang besar dan dengan program downloader tertentu, bandwith akan terkuras dan tentu saja konsumen yang lainnya jadi terganggu kenyamanannya berinternet.
Jangan ragu-ragu berinvestasi dalam hal ini jika perlu beli router yang handal, dan tidak ada salahnya jika memakai 2 ISP atau 2 koneksi dan koneksi International dan IIX dipisahkan.

Tempat & Suasana
Ciptakan suasana senyaman mungkin, ruangan yang sejuk, layout tempat yang lega dan terjaga privacy, kursi dan meja yang nyaman, dan konsumen bisa memesan makanan dan minuman ringan, jika perlu sediakan tempat khusus bagi konsumen yang merokok, serta koneksi instant/wireless bagi konsumen yang membawa notebook.

Komputer & Accessoriess
Gunakan komputer yang cukup canggih, keyboard dan mouse yang nyaman, kalau perlu monitor LCD sehingga mata konsumen tidak cepat capek dan lama browsingnya. Lengkapi accesoriess seperti headset dan webcam, card reader,dll.

Layanan Tambahan
Sediakan layanan tambahan seperti burning CD/DVD,Scan Virus, printing, scanning, cafe, dll.

Personel
Carilah operator yang supel dan cukup mengerti internet (browsing, email, chatting).
Serta harus ada Technical Support yang cukup mengerti masalah networking dan security serta siap sedia jika ada troubel di warnet.

Manajemen
Gunakan program billing yang lengkap dengan POS, dan laporan yang komplit sehingga anda dapat memantau perkembangan warnet dengan akurat.
Jangan melupakan peran karyawan anda dalam maju-tidak nya warnet anda, beri kenyamanan mereka bekerja, waktu istirahat yang cukup serta income yang memadai.
Tingkatkan terus dan lengkapi pelayanan warnet anda.

Promosi
Promosi harus gencar dan titik beratkan promosi anda dalam hal pelayanan, ciptakan sistim pertarifan yang bervariasi, voucher, member, dll.
Rangkul konsumen anda, adakan even-even khusus misalnya training gratis bagi member, doorprize, snack gratis, dll.

Tip’s tambahan untuk Warnet Linux :

Bagi warnet-warnet besar dan game center memang bisa saja menggunakan Software Ms. Windows Original serta menandatangani MSRA.
Tapi bagi warnet-warnet menengah serta yang menyukai kebebasan berekspresi, Linux/GNU tetap menjadi pilihan yang utama. Namun tentu saja perlu perjuangan tersendiri agar bisa bersaing dengan warnet-warnet Microsoft Based, antara lain dengan :

Distro
Pilihlah distro yang umum digunakan, simpel dan friendly. Jika perlu modifikasi distro-distro tersebut sehingga tidak terlalu asing bagi konsumen.
Bikin shortcut di desktop dari program-program yang sering digunakan untuk memudahkan konsumen. Sangat banyak pilihan aplikasi di Linux pilihlah aplikasi-aplikasi yang paling sederhana penggunaannya.
Bekerjasamalah dengan warnet linux lainnya agar kompak dalam pemilihan distro, sehingga konsumen tidak dibuat bingung oleh banyaknya distro di linux.

Komputer
Pilihan spesifikasi CPU yang seragam sehingga tidak terlalu merepotkan dalam hal setting dan driver.
Pilihlah peripheral seperti printer, scanner, dll yang dikenali atau paling tidak dapat bekerja di linux.

Informatif
Berikan informasi seluas-luasnya kepada konsumen tentang Linux/GNU, barangkali diantara mereka sangat asing dengan OS ini.
Beri petunjuk praktis pengoperasian OS ini, jika perlu tempel di depan komputer. Informasikan equivalen software-software yang biasa mereka temui di Windows, misal untuk browsing pake Firefox, untuk ngetik pake OOwriter, dll.
Tidak ada salahnya membuat buku panduan penggunaan khusus dan letakkan di dekat komputer.

Personel
Latihlah operator agar cukup menguasai Linux/GNU secara umum, jadi ketika konsumen menemui kendala dan bertanya si operator tidak kelagapan menjawabnya.

Promosi
Adakan training gratis untuk merangkul konsumen, kampanyekan penggunaan Linux/GNU dalam keperluan sehari-hari. Sediakan CD distro-distro sehingga konsumen bisa mencoba dirumah.

2 Responses to “Tips Pembuatan dan Pengelolaan Warnet”

  1. hapit Says:

    saya sudah 3 bulan mendirikan warnet, tiba2 saja terjadi diskonek sudah 3 kali pada hari dan waktu yang sama, mengenai perangkat yang mungkin rusak sudah kmi ganti. itu yang mengherankan saya, mohon dibantu solusi, apakah ada yang menghek sistem sehingga diskonet, dari layanan koneksi bagus, gimana

  2. prasetyo2008 Says:

    #hapit : koneksi pak Hapit pake provider apa ? Kalo pake speedy memang kadang-kadang terjadi diskonek tapi biasanya gak lama, paling gak nyampe 5 menit. Kalo sudah lebih dari 10 menit biasanya trouble dari tekomnya. Sebaiknya untuk perangkat modem speedy sellau di jaga dari panas, karena di selalu bekerja dalam waktu yang lama dan dia merupakan jantung usaha warnet. Kalo ada yang hack, ya sebaiknya anda waspada saja dan gunakan firewall dalam server yang anda gunakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: