Olimpiade Algoritma 2008

Untuk kali pertamanya, Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMATIF) Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) melaksanakan kompetisi Olimpiade Algoritma tingkat SMA se- Gerbang Kertosusila dalam rangkaian kegiatan Pekan Teknologi Informasi (PTI) 2008. Kompetisi ini terbuka bagi seluruh siswa SMA/SMK atau Sederajat untuk sekolah di wilayah Gresik, Jombang, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan (Gerbangkertosusila). Dalam kompetisi ini, dilakukan seleksi yang sedemikian ketat untuk memilih juara I, II dan III yang masing-masing akan mendapat hadiah beasiswa 1.5 Juta, 750 ribu dan 500 ribu, serta memperebutkan piala bergilir Rektor Unmuh Gresik, untuk peringkat 4 sampai 10 pada 10 besar juga mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar 100 ribu rupiah.

Olimpiade ini diikuti oleh 9 sekolah, diantaranya : SMA Darul Ulum 2 Jombang, SMAK Santa Agnes Surabaya, SMA Al Irsyad, SMA N 1 Kebomas Gresik, SMAK Frateran Surabaya. Peserta berjumlah 22 siswa yang bervariasi dari kelas X sampai XII. Peserta sangat antusias mengikuti seleksi ini, hal ini terlihat saat mereka mengerjakan soal-soal yang disodorkan oleh panitia, mereka mengerjakan dengan begitu hati-hati dan penuh konsentrasi.

Olimpiade ini dilaksanakan dalam 5 babak : babak penyisihan 1, penyisihan 2, semi final, final dan grand final. Untuk penyisihan 1 dan 2, semua peserta lolos seleksi. Pada babak semi final baru terjadi pengguguran, ada 11 peserta yang lolos masuk 10 besar, karena nilai peserta pada peringkat 10 dan 11 mempunyai nilai sama maka ada juri memutuskan ada 11 peserta yang masuk 11 besar, jadi tidak lagi 10 besar melainkan 11 besar. Diantara sekolah yang siswanya lolos 10 besar adalah : SMAK Frateran, SMA Darul Ulum 2, SMAK Santa Agnes, SMAN 1 Kebomas, SMA Al Irsyad. Diantara nama yang lolos 11 besar ada : Adam Pahlevi Baihaqi (SMAN 1 Kebomas Gresik), Handito Yuniono dan Erly Aristo (SMAK Frateran SUrabaya), Ahmad Royyan Damanhuri (SMA Darul Ulum 2 Jombang), Mustofa Aidid (SMA Al Irsyad Surabaya).

Pada saat babak final akan dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2008 ada 1 peserta yang tidak mengikuti, sehingga ada 10 peserta di babak final. Hasil seleksi babak ini mengubah peta hasil seleksi babak Semi Final. Jika dibabak Semi FInal Adam Pahlevi berada diperingkat 7 maka di babak final dia naik diperingkat ke 3 menggantikan Erly Aristo yang turun diperingkat ke 4. Sedangkan Ahmad Royyan yang asalnya diperingkat ke 2 naik menjadi peringkat 1 menggantikan Handito Yuniono yang turun diperingkat ke 2. Sehingga hanya 3 peserta yang maju ke babak Grand Final yaitu : Ahmad Royyan, Handito Yuniono, dan Adam Pahlevi

Babak Grand Final ini merupakan babak penentuan akhir pemenang, walaupun babak nilainya digabungkan dengan hasil dari babak final, namun prosentase nilainya hanya 20%, sedangkan 80%nya dari final. Walhasil, perubahan skornya tidak terlalu signifikan sehingga urutan pemenangnya tetap seperti hasil babak final. Sehingga secara urut dari besar ke kecil pemenangnya adalah :

1. Ahmad Royyan Damanhuri dari SMA Darul Ulum 2 Jombang (Juara I)

2. Handito Yuniono dari SMAK Frateran Surabaya (Juara II)

3. Adam Pahlevi Baihaqi dari SMAN 1 Kebomas Gresik (Juara III)

SELAMAT KEPADA PEMENANG. Semoga kompetisi ini semakin memacu semangat kalian dalam belajar, berlatih dan berkarya. untuk yang belum menang saya katakan bahwa gagal adalah keberhasilan yang tertunda. Jadikan pengalaman dan kekalahan sebagai cambuk bagi kalian untuk terus belajar dan berlatih. Semoga Kalian dapat meraih cita-cita yang kalian impikan.

Saya sebagai ketua Dewan Juri mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari semua sekolah peserta Olimpiade Algoritma 2008 HIMATIF Teknik Informatika UMG yang pertama kali diadakan di wilayah Jawa Timur utamanya di Gresik. Kompetisi ini dimaksudkan untuk melombakan para siswa dalam bidang Algoritma dan Pemrograman Komputer. Secara urut dari semua babak dapat dijelaskan sebagai berikut :

1. Babak Penyisihan 1 : babak ini merupakan babak pemanasan. Para peserta diharuskan mengerjakan soal-soal logika. Logika ini merupakan tonggak penyelesaian algoritma yang dikembangkan. DIharpkan bahwa para peserta telah mempunyai bekal yang cukup untuk meneruskan kompetisi. Secara konsep, hanya 50 peserta dengan nilai 50 terbaik pertama yang akan diloloskan oleh dewan juri.

2. Babak Penyisihan 2 : babak ini merupakan babak pelatihan analisis masalah. Peserta dihadapkan pada soal analisis masalah yang membutuhkan konsentrasi pemecahan, soal ini terkadang perlu digambar oleh peserta agar dapat menebak sejumlah jawaban yang terkadang juga membingungkan. Hanya 25 yang akan lolos dibabak ini.

3. Babak Semi Final : babak ini merupakan babak inti dari kompetisi. Soal Algoritmika harus diselesaikan peserta dalam waktu yang pendek, yaitu sekitar 2.5 jam. Hanya 10 orang akan lolos masuk Final. Dari output babak ini, dapat dibaca bahwa peserta adalah para siswa dengan logika yang matang, teknik analisis masalah sudah bagus dan mahir dalam pemrograman (Turbo Pascal)
.

4. Babak FInal : Babak ini merupakan babak klimaks dalam olimpiade algoritma, babak ini juga merupakan ciri khas kompetisi di HIMATIF Teknik Informatika UMG. Dalam babak ini, peserta diberikan soal yang harus dipecahkan secara : Logika, Analisis, Algoritmik dan diprogramkan ke komputer. Hasilnya : ada peserta yang memang sudah mahir dalam pemrograman, ada yang belum mampu menerapkan logika kedalam program. Tapi pada intinya, semua peserta finalis merupakan para tunas bangsa berbakat dalam algoritma dan pemrograman.

5. Babak Grand Final : Babak ini merupakan babak anti klimaks, babak yang menguji kemampuan verbal 3 besar finalis Grand Final. Mereka diharuskan mempresentasikan program mereka diatas panggung Pentas Seni HIMATIF, dihadapan Dewan Juri, peserta lain dan para penontong pentas. Meraka juga akan ditanya oleh Dewan Juri mengenai seputaran Analisiss dan Algoritma soal yang mereka selesaikan.

Kompetisi ini rencananya akan digelar pada setiap tahunnya, baik dirangkaikan dengan PTI ataupun independen dilaksanakan sendiri. Yang pasti kegiatan ilmiah ini sangat bermanfaat untukmenambah ilmu baik mahasiswa Teknik Informatika sendiri ataupun peserta yang berasal dari sekolah SMA.

Dewan juri yang menilai Olimpiade Algoritma 2008 ini adalah sebagai berikut :

1. Eko Prasetyo, S.Kom (Dosen mata kuliah Algoritma Teknik Informatika UMG)

2. Utomo Pujianto, S.Kom (Dosen Teknik Informatika UMG, alumni Universitas Gajah Mada)

3. Soffiana Agustin, S.Kom (Dosen Teknik Informatika UMG, alumni Akakom Yogyakarta)

4. Deni Sutaji, S.Kom (Mahasiswa tingkat akhir Teknik Informatika UMG yang lulus pada Agustus 2008 ini)

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: