BELAJAR DI INFORMATIKA ? SIAPA TAKUT !

Pernahkah anda ditanya orang dengan pertanyaan seperti ini : “Kuliah di Informatika ya ? Wah berarti kamu bisa dong memperbaiki komputer saya !”, atau dengan pertanyaan seperti ini : “Kebetulan aku mau beli komputer… Minta tolong ya aku ditemani beli komputer ?”, atau juga dengan pertanyaan ini : “Buatkan program kasir untuk toko ku ya ?”. Pertanyaan yang lain : “Komputer yang bagus itu yang bagaimana ya ?”. Nah, apa jawaban anda ?. Atau kalaupun anda belum ditanya seperti itu, ya tunggu saja pasti pertanyaan itu akan datang dihadapan anda. Jika anda menjawab dengan jawaban : “Aduh……Maaf, saya tidak tahu ….”, atau jawaban senada : “Eh ! Aku gak begitu paham program, sorry ya…”, dan jangan sampai anda menjawab : “Tanya temanku aja… yang itu…..” dan bla – bla – bla ………. Berbagai jawaban serupa yang intinya anda tidak mau menanggapi pertanyaan orang itu karena pada intinya anda tidak bisa memenuhi harapan dia karena anda tidak punya kemampuan seperti yang dibayangkan orang tersebut.

Nah, kalau sudah begitu bagaimana ? Rasa malu mungkin yang pertama kali muncul, diikuti rasa gak pe-de karena tidak mampu menanggapi orang tersebut. Dilanjutkan rasa takut ketemu dengan pertanyaan serupa dan apalagi jika oleh orang yang sama. Wah, bisa – bisa lama – lama akan diolok – olok oleh orang tersebut bahwa kita kuliah di Informatika tapi tidak mengerti apa – apa. Jangan sampai hal itu terjadi, justru kalau bisa yang terjadi adalah kita dapat menanggapi dengan baik apa yang ditanyakan orang tersebut. Syukur – syukur dapat memenuhi apa yang diminta orang tersebut (tentunya dapat royalty… Wah lumayan buat makan bakso..Hehe..).

Istilah Informatika dan Teknologi Informasi (sekarang lebih nge-tren dengan istilah Teknologi Informasi dan Komunikasi) memang identik dengan Informasi dimana dalam dunia Informatika yang namanya informasi itu dikirim dari satu tempat ketempat lain dalam waktu yang sangat cepat tanpa dibatasi ruang dan waktu misal : login e-mail yahoo di internet yang anda lakukan, seketika itu juga anda (setelah diperiksa user dan password yang anda masukkan) kemudian dipersilakan masuk dan melakukan pembacaan e-mail yang masuk, transaksi e-commerce yang dilakukan di internet merupakan proses belanja tanpa harus datang ke toko tempat kita membeli. Informatika juga diidentikkan dengan komputer karena memang media utama yang dipakai orang yang berkecimpung dalam Informatika adalah komputer baik PC ataupun notebook, sebagian orang (tentunya yang gak gaptek ) telah memanfaatkan media Teknologi Informasi untuk berbagai keperluan, misalnya : sistem pengolahan stok dan kasir di toko – toko, media pembelajaran untuk anak – anak dengan berbagai software pilihan, sistem per-bank-an yang online internet sampai dengan pengontrolan komputer secara remote melalui media jaringan baik jaringan konversional maupun jaringan tanpa kabel.

Orang – orang yang tadi menanyai anda saya yakin paling tidak 30% lebih dia paham seluk beluk komputer dan segala tetek-bengek Teknologi Informasi. Saya pernah bertemu dan ngomong – ngomong dengan seseorang yang dia bukan orang IT dan tidak pernah kuliah Informatika tapi dia mengerti betul tentang hardware komputer dan yang lebih gila lagi dia juga bisa membuat program (aplikasi) komputer atau lebih kerennya Sistem Informasi seperti yang biasa kita buat (baik yang Kerja Praktek atau Skripsi……).

Timbul pertanyaan, kok bisa ya dia kayak gitu ?, kok bisa ya dia buat program padahal dia orang yang kuliah di fakultas Ekonomi ?. Nah… Itulah perbedaan antara kita dengan mereka, mereka belajar komputer karena didasari rasa suka, rasa hobi, rasa ikhlas belajar komputer, semua rasa itu muncul karena mereka telah mengenal komputer lebih dahulu (tak kenl kan maka tak sayang…) sehingga kalau seseorang belajar sesuatu karena didasari rasa suka maka dia akan menikmati apa yang dia pelajarai sehingga semua yang dipelajari akan diserap dengan baik.

Lalu bagaimana dengan kita ? Kita orang yang murni belajar Informatika. Memang pada dasarnya kita dipaksa dibelajar algoritma, kita dipaksa belajar bahasa program, kita dipaksa belajar database, kita dipaksa membuat program/sistem informasi ini dan itu dan sebagainya yang pada intinya kita dipaksa… Tidak bisa dipungkiri memang hal tersebut harus kita lakukan dan itu lumrah saja, karena kita memang di-gembleng, di-tempa sedemikian rupa agar nantinya siap untuk masuk ke dunia IT yang sesungguhnya. Kadang orang yang belajar sesuatu karena terpaksa maka yang terjadi adalah rasa tertekan, rasa tidak sanggup untuk melakukan dan sebagainya, dan itu juga lumrah, itu manusiawi. Memang pada awalnya kita merasa seperti itu karena kita baru kenal, kita baru menelusuri bagian mendasar dari Informatika, kita baru membangun pondasi untuk menjadi orang yang intens dalam dunia IT. Untuk itu rasa suka, rasa hobi, rasa enjoy harus selalu ditanamkan tiap kali kita menggunakan komputer baik itu untuk keperluan mengerjakan tugas, belajar ini belajar itu, atau sekedar main game (tentunya jangan main game di laboratorium.. Atau kena pinalti !). Jika rasa suka dan senang itu telah muncul maka kita akan menikmati belajar Informatika, kita akan semakin ketagihan untuk memperdalam ini dan itu, dan secara tidak sengaja kemampuan kita semakin mendalam. Yang lebih penting lagi adalah kita harus tekun untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan dari kuliah, kebiasaan kita adalah pegang komputer kalau pas ada tugas saja, kalu gak ada tugas maka kita gak bakal pakai komputer, pandangan seperti itu juga pelan – pelan harus diubah. Karena kita tidak tahu bahwa apa yang kita pelajari sekarang itu akapan akan dibutuhkan, lebih baik sedia payung sebelum hujan dari pada membeli payung saat ada hujan (karena pasti kita kehujanan duluan !), artinya lebih baik kita lebih dahulu tahu dan menguasai apa yang sebaiknya diketahui dan dikuasai sehingga saat ada masalah yang dihadapi maka kita langsung dapat menyelesaikan atau paling – paling hanya perlu mencari sedikit referensi tentang masalah yang dihadapi dari pada saat kita membutuhkan hal tersebut kemudian kita kebingungan mencari tahu kemana mencari jawaban untuk masalah yang dihadapi karena sama sekali kita tidak punya gambaran dengan masalah yang dihadapi.

Dunia Informatika memang beda dengan dunia pada umumnya. Dalam dunia maya (dalam hal ini internet) kita tidak dibatasi ruang dan waktu, semua orang bisa saling memberikan informasi dengan cepat. Internet ibaratnya gudang ilmu dan informasi, semua informasi baik informasi yang sifatnya edukasi sampai yang sifatnya pornografi ada disitu, dan itu (internet maksudnya) adalah media utama bagi kita yang bergelut dalam dunia IT. Jangan kuatir, banyak orang di internet yang siap menjadi partner kita belajar Informatika, banyak materi yang berbau Informatika dipajang di internet mulai yang berbahasa Indonesia sampai berbahasa Cina, kalau yang alergi bahasa Inggris bisa buka ilmukomputer.com kalau mau tutorial yang mendasar bisa buka functionx.com atau kalu mau dikusi tentang segala topik ada diskusiweb.com atau bisa masuk benpinter.net atau group – group di google (groups.google.com) dan masih banyak lagi (search aja di google… Banyak disana ! Hehe..). Selain internet, kita juga bisa belajar secara kelompok lewat studi klub – studi klub atau bersama teman atau orang – orang yang telah lebih dahulu intens di dunia IT (termasuk dosen kali ya hehe…..).

Akhirnya semoga apa yang kita harapkan dari pembelajaran kita di Informatika dapat kita petik buahnya dan kita dapatkan manfaatnya. Selamat belajar ! dan semoga menikmati informatika.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

3 Responses to “BELAJAR DI INFORMATIKA ? SIAPA TAKUT !”

  1. mutmainnah Says:

    bagaimana caranya membuat software kasir yang sekiranya software tersebut sangat sederhana bagi pelanggan?

  2. prasetyo2008 Says:

    Banyak pilihan yang dapat dilakukan karena masing-masing Sistem Infomasi mempunyai ciri khas yang telah disesuaikan dengan kondisi. Tapi ada juga protype yang disediakan oleh pengembang, sehingga user (kasir dan pemilik usaha) menyesuaikan dengan programnya. Kalau masalah sederhana itu saya rasa relatif, sederhana dalam cakupan mudah dijalankan ataukah skope yang kecil ? Saya rasa itu juga bercermin pada kondisi ditempat.

  3. canadacanada Says:

    england pets boy wood elephant america house free

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: